Judul |
: |
Teknik Jitu Pemasaran
Buku |
Resum ke- |
: |
20 |
Gelombang |
: |
28 |
Hari, Tanggal |
: |
Rabu, 22 Februari 2023 |
Tema |
: |
Pemasaran Buku |
Narasumber |
: |
Agus Subardana, S.E., M.M. |
Moderator |
: |
Purbaniasita Kusumaning Sedyo,
S.Pd. |
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Strategi Pemasaran
- Faktor Mikro, meliputi: perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat.
- Faktor Makro, meliputi: demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial-budaya.
Jenis-Jenis Digital Marketing Penerbit PT. Andi
Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan Penerbit ANDI Offset antara lain:
- Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
- Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
- Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
- Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan sosial media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
- Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
- Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
- Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
- Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
- Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
- Efektif untuk meningkatkan penjualan buku.
- Tetap berkoneksi dengan pelanggan buku di medsos
- Buku mudah ditemukan di media online seperti Website yang terhubung dengan akun medsos lain dengan sekali klik.
- Pemasaran melalui komunitas seperti Komunitas Menulis Omjay atau Komunitas Guru Sejuta Ngeblog dan PGRI serta mengadakan webinar melalui link Zoom, Live Youtube TV. ANDI, dengan berbagai tema yang menarik.
- Harus bisa tampil sebagai yang pertama, yang terdepan, dan yang tercepat dalam memasarkan buku.
- Mengadakan promo khusus seperti diskon untuk meningkatkan konsumen
- Bagaimana menjadikan Branding tanggap situasi, cepat dalam merespon permintaan pengiriman buku, jika ada komplain konsumen cepat dicari solusinya
- Supaya tetap eksis memakai mobile marketing, email marketing, personal marketing, continues marketing, dan terintegrasi pada satu website sehingga memudahkam dalam mempromosikan brand yang mau dijual.
- Buat konten yang menarik perhatian pembaca, misalnya kreatif dan inovatif membuat cover buku sehingga menarik pembaca, karena biasanya kemasan buku rata-rata disegel, sehingga dengan cover buku yang bagus maka akan membuat karya dilirik pembaca, bahkan bisa menjadi buku best reseller.
- Visual marketing melalui akun medsos FB, IG, WA, Youtube juga harus dilakukan agar menarik perhatian konsumen dan tergerak membeli buku yang dipromosikan.
Tujuan Penjualan secara Online
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Marketing Off line
Strategi Promosi di toko buku Modern
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat dilakukan, kuncinya adalah proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.Contoh display buku yang menarik
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
A. Materi yang Harus Dikirim
C. Format Naskah
Format Naskah Siap Cetak
Format pengaturan naskah dapat menggunakan template yang disediakan oleh Penerbit ANDI, yang sudah standar dan disesuaikan dengan naskah yang sedang ditulis. Template tersebut bisa didapatkan melalui e-mail, atau datang langsung ke Penerbit ANDI.
- Jenis huruf untuk teks isi: Bookman Old Style, New Century School Book atau Times New Roman 10/11 point.
- Judul bab (Heading 1): font sama dengan teks isi, ukuran diatur sedemikian rupa agar tampak menonjol dan serasi dengan ukuran 20 pt.
- Judul sub-bab (Heading 2): font sama dengan teks, 18 point, capital, bold.
- Judul sub-sub-bab (Heading 3): font sama dengan teks, 10 point, capital underline
- Header dan Footer: menggunakan font yang berbeda, dapat divariasikan dalam style huruf bold atau italic.
- Footnote: Font sama, 8 point; dapat menggunakan font lain yang serasi.
- Alignment: Justified
- Spacing: Before -- 0, After -- 0,6
- Line Spacing: Single
Contoh Penomoran Halaman:
Halaman judul: i
Halaman Copyright: ii
Halaman Persembahan: iii
Kata Pengantar: v
Daftar Isi: vii
Halaman Isi
Pendahuluan (Bab I): 1
Bab II: 3, 5, 7, 9, dst. (selalu halaman ganjil)
D. Ukuran Buku dan Area Cetak
Format buku terdiri dari beberapa ukuran, yaitu ukuran besar, standar, kecil, atau buku saku serta format spesial. Penentuan format ini akan berpengaruh terhadap ketebalan buku dan kedalaman materi.
Format buku di Penerbit ANDI:
Format Besar: 20 cm x 28 cm, 21,5 cm x 15,5 cm
Format Standar: 16 cm x 23 cm, 11,5 cm x 17,5 cm
Format Kecil: 14 cm x 21 cm, 10 cm x 16 cm
Buku Saku: 10 cm x 18 cm, 13,5 cm x 7,5 cm
Format Khusus
E. Pengiriman Softcopy: Disket atau CD
Softcopy naskah dapat dikirim dengan cara: melalui pos/paket ditujukan ke Penerbit ANDI
Jl. Beo 38-40 Yogyakarta 55281
Telp (0274) 561881; Fax (0274) 588282
ATAU
Datang langsung ke kantor Penerbit ANDI dan menemui bagian penerbitan ANDI. Atau melalui email andipenerbitan@gmail.com (Maksimal 1 Mb per kiriman).
F. Keputusan Naskah
Penerbit akan memberikan keputusan melalui surat resmi kepada Penulis, apakah buku diterbitkan atau tidak. Untuk naskah yang diterima, Penerbit akan mengirim surat pemberitahuan resmi. Penulis wajib melengkapi kelengkapan naskah - softcopy. Untuk naskah yang ditolak, naskah akan dikembalikan kepada penulis bersama dengan surat pemberitahuan penolakan penerbitan.
G. Penilaian Naskah
H. Bentuk Royalti Penerbit ANDI
Penerbit ANDI memberikan royalti sesuai standart, yaitu 10%, dengan perhitungan 10% x harga jual x oplah (potong pajak).
Mengingat Penerbit ANDI memiliki bentuk kerja sama yang beragam pada saluran distribusi pemasaran, maka perhitungan royalti dilakukan berdasarkan buku yang benar-benar telah terbayar lunas, dengan demikian buku yang sifatnya konsinyasi atau kredit belum dianggap sebagai buku laku. Dalam hal ini Penerbit ANDI akan selalu menjaga kejujuran dan kepercayaan bagi semua relasinya.
I. Bentuk Kerja Sama Penerbitan
Bentuk kerja sama penerbitan yang ditawarkan Penerbit ANDI mencakup:
- Kerja sama Penerbit dengan Penulis, yaitu kerja sama antara Penerbit dengan Penulis secara individu untuk menerbitkan sebuah buku.
- Kerja Sama Penerbit dengan Kelompok Penulis, yaitu kerja sama antara Penerbit dengan beberapa Penulis sekaligus untuk menerbitkan sebuah buku. Penulis wajib menunjuk satu orang dengan pemberian surat kuasa, untuk bertanggung jawab terhadap segala urusan administratif maupun non administratif yang berkaitan dengan penerbitan.
- Kerja sama Penerbit dengan Lembaga, yaitu kerja sama antara Penerbit dengan sekelompok Penulis yang telah dikoordinir oleh Lembaga/Institusi untuk menerbitkan sebuah buku. Dalam hal ini Penerbit hanya berhubungan dengan Lembaga/Institusi yang telah diberi kepercayaan oleh Penulis.
- Kerja sama Umum
- Kerja sama cetak. Penerbit hanya membantu dalam jasa percetakannya, seperti buku jurnal ilmiah dan sebagainya.
- Kerja sama cetak dan penerbitan, Penerbit bekerja sama dengan Perorangan/Lembaga untuk menerbitkan sebuah buku dengan tanggungan biaya penerbitan bersama.
Kelebihan Penerbit Andi
- Materi KBMN Gelombang ke-28 pertemuan ke-20, narasumber Bapak Agus Subardana, S.E., M.M. Rabu, 22 Februari 2023 pukul 19.00 s/d 21.00 WIB.
- Blogspot Bapak Agus Subardana S.E., M.M., https://literasikangagus.blogspot.com/2020/05/prosedur-penulisan-buku.html
Lengkap resumenya ๐
BalasHapusMantul Bun. Keren.
BalasHapusKeren sekali... Terus berkarya Bun...
BalasHapusTercepat๐๐
BalasHapusLENGKAAAPPP
BalasHapusLuar biasa bu
BalasHapusLuar biasa cekatan,ajiib..cepat,lengkap, mantap๐๐๐น๐น๐น
BalasHapusResume tergercep, Buun!
BalasHapusGercep, komplit... done
BalasHapusPaket komplit
BalasHapusSuper Mantul bun
BalasHapus