Rabu, 22 Februari 2023

Teknik Jitu Pemasaran Buku

 

Judul

:

Teknik Jitu Pemasaran Buku

Resum ke-

:

20

Gelombang

:

28

Hari, Tanggal

:

Rabu, 22 Februari 2023

Tema

:

Pemasaran Buku

Narasumber

:

Agus Subardana, S.E., M.M.

Moderator

:

Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

Malam ini memasuki pertemuan ke-20 kelas belajar menulis nusantara (KBMN) gelombang 28. Narasumber kali ini adalah Bapak Agus Subardana, S.E., M.M., CDS (Direktur Pemasaran PT. ANDI). Sedangkan yang bertugas sebagai moderator adalah ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. Adapun tema pelatihan malam ini adalah "Pemasaran Buku"

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Strategi Pemasaran

Dalam rangka mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya tetap hidup terus dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka diperlukan  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. Strategi pemasaran buku yang dilakukan PT. ANDI dipengaruhi 2 faktor berikut ini.
  1. Faktor Mikro, meliputi: perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat.
  2. Faktor Makro, meliputi: demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial-budaya.
Selain faktor mikro dan faktor makro tersebut, PT. ANDI juga menggunakan strategi digital marketing yang dilakukan secara on line dan off line. Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Jenis-Jenis Digital Marketing Penerbit PT. Andi

Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan Penerbit ANDI Offset antara lain:

  1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
  2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
  3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
  4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan sosial media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 
  5. Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
  6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
  7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
  8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
  9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Marketing Online
Sebab Digital Marketing dilakukan secara on line adalah:
  1. Efektif untuk meningkatkan penjualan buku.
  2. Tetap berkoneksi dengan pelanggan buku di medsos
  3. Buku mudah ditemukan di media online seperti Website yang terhubung dengan akun medsos lain dengan sekali klik.
  4. Pemasaran melalui komunitas seperti Komunitas Menulis Omjay atau Komunitas Guru Sejuta Ngeblog dan PGRI serta mengadakan webinar melalui link Zoom, Live Youtube TV. ANDI, dengan berbagai tema yang menarik.
  5. Harus bisa tampil sebagai yang pertama, yang terdepan, dan yang tercepat dalam memasarkan buku.
  6. Mengadakan promo khusus seperti diskon untuk meningkatkan konsumen
  7. Bagaimana menjadikan Branding tanggap situasi, cepat dalam merespon permintaan pengiriman buku, jika ada komplain konsumen cepat dicari solusinya
  8. Supaya tetap eksis memakai mobile marketing, email marketing, personal marketing, continues marketing, dan terintegrasi pada satu website sehingga memudahkam dalam mempromosikan brand yang mau dijual.
  9. Buat konten yang menarik perhatian pembaca, misalnya kreatif dan inovatif membuat cover buku sehingga menarik pembaca, karena biasanya kemasan buku rata-rata disegel, sehingga dengan cover buku yang bagus maka akan membuat karya dilirik pembaca, bahkan bisa menjadi buku best reseller.
  10. Visual marketing melalui akun medsos FB, IG, WA, Youtube juga harus dilakukan agar menarik perhatian konsumen dan tergerak membeli buku yang dipromosikan.
Tim pemasaran On line penerbit ANDI Offset mempunyai 20 staf tenaga pemasaran khusus menjangkau melalui dunia maya. Penerbit ANDI juga memasarkan buku melalui marketplace yang telah ditunjuk oleh Kemendikbud R.I melalui belanja.com, blibli.com dengan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) guna mendukung pengadaan barang dan jasa (PBJ) di sekolah melalui penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler. "Inovasi dan elektronifikasi sektor PBJ merupakan suatu keniscayaan. Hal ini juga sesuai dengan amanat dan kebijakan pemerintah untuk penguatan tata kelola keuangan pendidikan melalui Perpres PBJ Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018."

Tujuan Penjualan secara Online

Penjualan buku secara Online harus terus dilakukan dengan tujuan:
  • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
  • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  • Menaikkan penjualan dan profit 
  • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
  • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
  • Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

Marketing Off line

Strategi pemasaran buku secara off line dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju, antara lain:
1. Toko Buku 
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai percetakan sendiri. Toko buku dipetakan menjadi tiga jenis, yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  
Toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Toko buku semi modern masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual/konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern

Strategi Promosi di toko buku Modern dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
  • Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
  • Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat dilakukan, kuncinya adalah proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
    Contoh display buku yang menarik
Promo Diplay Buku di Toko
Promo Discount
2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 
Pemasaran Buku melalui Directselling dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Jenis katagori buku penjualan melalui Directselling dibagi menjadi beberapa target pasar, diantaranya:
  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas, Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) yang bertanggung jawab
untuk melaksanakan kunjungan langsung ke tiap sekolah, kunjungan langsung ke setiap kampus, kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
3.  Melakukan Event – Event 
Aktive dalam melakukan event-event seperti event pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya. Secara detail, silakan kunjungi www.andipublisher.com

Prosedur Penerbitan Buku PT. ANDI
A. Materi yang Harus Dikirim
Penulis harus mengirimkan naskah final ke Penerbit, bukan outline ataupun draft, yang dilengkapi: kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar lampiran, isi, daftar pustaka, indeks, abstrak (sinopsis), penjelasan berkait pasar sasaran yang dituju, prospek pasar, manfaat buku ybs, profil penulis, memberi keterangan singkat tentang penulis.

B. Penilaian Naskah
Penerbit menilai naskah dari berbagai aspek, yaitu aspek ideologis, keilmuan, penyajian, pemasaran, dan reputasi penulis,
* Aspek Ideologis
Topik tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila, tidak boleh meresahkan kondisi masyarakat seperti: politik, hankam, sara, sopan santun, harga diri, dll.
* Aspek Keilmuan
Topik yang dibahas merupakan topik baru bagi masyarakat, naskah merupakan gagasan asli bukan jiplakan, agar akurat maka sumber daftar Pustaka harus lengkap.
* Aspek Penyajian
Sistematika kerangka pemikiran baik sehingga alur logika pemaparan mudah dipahami.
Bahasa yang digunakan komunikatif sesuai dengan jenis naskah dan sasaran pembaca.
Cara penulisan harus benar, yaitu menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baku.
Kelengkapan naskah secara fisik seperti kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, batang tubuh, daftar gambar, tabel, lampiran, index, daftar pustaka, sinposis, harus sudah lengkap.
Pengetikan menggunakan media dan alat, atau ditulis tangan, diketik manual, ketik komputer menggunakan software tertentu.
Mutu gambar, table, dan objek lain yang dipasang (capture) harus layak.
Perizinan penggunaan gambar tertentu, izin terjemahan, izin pengutipan dll. harus sudah diselesaikan.
* Aspek Pemasaran
Tema naskah mempunyai pangsa pasar jelas dan luas sehingga buku akan dapat dan mudah diterima pasar.
Naskah memiliki selling point atau potensi jual tertentu, seperti judul, keindahan, bahasa, kasus aktual, dsb.
Apa ada buku sejenis yang beredar dan telah diterbitkan? Apa kelebihan naskah tersebut dibandingkan dengan buku lain?
* Aspek Reputasi Penulis
Penulis adalah tokoh, praktisi, dosen yang sangat diakui kepakarannya oleh masyarakat luas. Buku-buku yang pernah diterbitkan mempunyai catatan keilmuan dan pemasaran yang baik

C. Format Naskah
Format Naskah Siap Cetak
Format pengaturan naskah dapat menggunakan template yang disediakan oleh Penerbit ANDI, yang sudah standar dan disesuaikan dengan naskah yang sedang ditulis. Template tersebut bisa didapatkan melalui e-mail, atau datang langsung ke Penerbit ANDI.
Berikut ini format naskah standar yang siap cetak.
  • Jenis huruf untuk teks isi: Bookman Old Style, New Century School Book atau Times New Roman 10/11 point.
  • Judul bab (Heading 1): font sama dengan teks isi, ukuran diatur sedemikian rupa agar tampak menonjol dan serasi dengan ukuran 20 pt.
  • Judul sub-bab (Heading 2): font sama dengan teks, 18 point, capital, bold.
  • Judul sub-sub-bab (Heading 3): font sama dengan teks, 10 point, capital underline
  • Header dan Footer: menggunakan font yang berbeda, dapat divariasikan dalam style huruf bold atau italic.
  • Footnote: Font sama, 8 point; dapat menggunakan font lain yang serasi.
  • Alignment: Justified
  • Spacing: Before -- 0, After -- 0,6
  • Line Spacing: Single
Gambar-gambar tangkapan layar (capture) menggunakan format jpg. Gambar sebaiknya dikirimkan dalam file tersendiri yang dikumpulkan dalam sebuah folder gambar dan dibuat link terhadap naskah.
Catatan: Aturan layout di template merupakan layout standar Penerbit Andi, jika ingin memodifikasi perwajahan buku maka harus konfirmasi terlebih dahulu dengan Penerbit.
Contoh Penomoran Halaman:
Halaman judul: i
Halaman Copyright: ii
Halaman Persembahan: iii
Kata Pengantar: v
Daftar Isi: vii
Halaman Isi
Pendahuluan (Bab I): 1
Bab II: 3, 5, 7, 9, dst. (selalu halaman ganjil)

D. Ukuran Buku dan Area Cetak
Format buku terdiri dari beberapa ukuran, yaitu ukuran besar, standar, kecil, atau buku saku serta format spesial. Penentuan format ini akan berpengaruh terhadap ketebalan buku dan kedalaman materi.
Format buku di Penerbit ANDI:
Format Besar: 20 cm x 28 cm, 21,5 cm x 15,5 cm
Format Standar: 16 cm x 23 cm, 11,5 cm x 17,5 cm
Format Kecil: 14 cm x 21 cm, 10 cm x 16 cm
Buku Saku: 10 cm x 18 cm, 13,5 cm x 7,5 cm
Format Khusus

E. Pengiriman Softcopy: Disket atau CD
Softcopy naskah dapat dikirim dengan cara: melalui pos/paket ditujukan ke Penerbit ANDI
Jl. Beo 38-40 Yogyakarta 55281
Telp (0274) 561881; Fax (0274) 588282
ATAU
Datang langsung ke kantor Penerbit ANDI dan menemui bagian penerbitan ANDI. Atau melalui email andipenerbitan@gmail.com (Maksimal 1 Mb per kiriman).

F. Keputusan Naskah
Penerbit akan memberikan keputusan melalui surat resmi kepada Penulis, apakah buku diterbitkan atau tidak. Untuk naskah yang diterima, Penerbit akan mengirim surat pemberitahuan resmi. Penulis wajib melengkapi kelengkapan naskah - softcopy. Untuk naskah yang ditolak, naskah akan dikembalikan kepada penulis bersama dengan surat pemberitahuan penolakan penerbitan.

G. Penilaian Naskah
Proses penilaian ini merupakan proses standar penerbitan sehingga perlu ada komunikasi yang baik antara Penerbit dan Penulis. Dengan demikian tidak ada salah-pengertian bahwa Penerbit menganggap remeh Penulis atau Penulis merasa naskahnya sudah yang terbaik.
Penilaian naskah bukan untuk memvonis sebuah naskah baik atau buruk, layak terbit atau tidak. tetapi dilakukan sebagai sarana untuk memperlancar proses penerbitan secara optimal.
Penerbit merupakan suatu badan usaha yang bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk tujuan tersebut Penerbit mengusahakan, menyediakan, dan menyebarluaskan bagi khalayak umum, pengetahuan dan pengalaman, hasil karya ilmiah para Penulis dalam bentuk sajian yang padu, rapi, indah, dan komunikatif, baik isi maupun kemasan fisik, melalui tata cara yang sesuai, dan bertanggung jawab atas segala risiko yang ditimbulkan oleh kegiatannya.

H. Bentuk Royalti Penerbit ANDI
Penerbit ANDI memberikan royalti sesuai standart, yaitu 10%, dengan perhitungan 10% x harga jual x oplah (potong pajak).

Mengingat Penerbit ANDI memiliki bentuk kerja sama yang beragam pada saluran distribusi pemasaran, maka perhitungan royalti dilakukan berdasarkan buku yang benar-benar telah terbayar lunas, dengan demikian buku yang sifatnya konsinyasi atau kredit belum dianggap sebagai buku laku. Dalam hal ini Penerbit ANDI akan selalu menjaga kejujuran dan kepercayaan bagi semua relasinya.

I. Bentuk Kerja Sama Penerbitan
Bentuk kerja sama penerbitan yang ditawarkan Penerbit ANDI mencakup:
  • Kerja sama Penerbit dengan Penulis, yaitu kerja sama antara Penerbit dengan Penulis secara individu untuk menerbitkan sebuah buku.
  • Kerja Sama Penerbit dengan Kelompok Penulis, yaitu kerja sama antara Penerbit dengan beberapa Penulis sekaligus untuk menerbitkan sebuah buku. Penulis wajib menunjuk satu orang dengan pemberian surat kuasa, untuk bertanggung jawab terhadap segala urusan administratif maupun non administratif yang berkaitan dengan penerbitan.
  • Kerja sama Penerbit dengan Lembaga, yaitu kerja sama antara Penerbit dengan sekelompok Penulis yang telah dikoordinir oleh Lembaga/Institusi untuk menerbitkan sebuah buku. Dalam hal ini Penerbit hanya berhubungan dengan Lembaga/Institusi yang telah diberi kepercayaan oleh Penulis.
  • Kerja sama Umum
  1. Kerja sama cetak. Penerbit hanya membantu dalam jasa percetakannya, seperti buku jurnal ilmiah dan sebagainya.
  2. Kerja sama cetak dan penerbitan, Penerbit bekerja sama dengan Perorangan/Lembaga untuk menerbitkan sebuah buku dengan tanggungan biaya penerbitan bersama.
Hubungan Antara Penulis dan Penerbit
Penulis dengan Penerbit memiliki kedudukan setara; secara umum Penulis memandang Penerbit bertindak sebagai intermediary karya-karya yang akan disampaikan kepada masyarakat, sedangkan Penerbit memandang Penulis sebagai aset penting perusahaan yang menyebabkan proses penerbitan tetap berlangsung. Kepentingan apa dibalik dorongan untuk menulis? Menulis dapat meningkatkan kredit point (bagi pengajar), meningkatkan kredibilitas, dan pemenuhan finansial. Hal tersebut yang memotivasi penulis untuk menghasilkan suatu karya yang berkualitas.

Kelebihan Penerbit Andi

* Penerbit Andi telah memiliki Brand Name tersendiri di hati masyarakat.
* Memiliki jaringan distribusi yang luas.
* Memiliki mesin cetak sendiri sehingga hasil, kecepatan, dan kualitas dapat diatur dengan baik.
* Memiliki sistem royalti yang jelas, jujur, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Simpulan
* Tulislah apapun yang kita sukai.
* Tulislah apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita alami.
* Jangan takut tidak dibaca dan tidak diterima penerbit.
* Tulis, tulis, dan tulis terus. Suatu saat nanti pasti berguna bagi banyak orang dan penerbit Andi siap membantu dalam memasarkan buku.

Mantap sekali materi malam ini, tak terasa moderator sudah memandu dengan asyik sekali. Terimakasih Pak Agus Subardana, S.E., M.M atas ilmunya yang luar biasa dan ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. sebagai moderator. Semoga resume ini bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan bagi pembaca pada umumnya. Aamiin.

Referensi:


11 komentar:

Inovasi Penerbitan Buku

  Judul : Inovasi Penerbitan Buku Resum ke- : 30 Gelombang ...